Meningkatkan Fungsi Jagung Melaui Kreativitas di Desa Ambunten Barat




KKN 94 new- Hari ini (28/07) KKN 94 Universitas Trunojoyo Madura telah melaksanakan pelatihan pembuatan susu jagung dengan sasaran peserta yaitu ibu-ibu Kelompok Tani Wanita (KWT). Kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.00- 15.00 WIB. Progam ini merangkap kegiatan ibu-ibu KWT yaitu shalawatan dan juga arisan yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 13.30 WIB. Tujuan dari diadakan progam pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga dalam mengolah jagung menjadi susu menjadi produk baru yang bernilai gizi tinggi. 


Jagung merupakan produk utama Desa Ambunten Barat selain tembakau. Jagung Madura terkenal memiliki rasa yang manis. Jagung ini biasanya diolah menjadi bahan campuran nasi dan juga pakan ternak. Untuk meningkatkan daya tarik jagung sebagai bahan pangan, maka kelompok KKN 94 berinisiatif untuk mengolah jagung menjadi susu. Selama ini biji-bijian yang paling sering diolah menjadi susu adalah kedelai, jadi merupakan trobosan baru jika jagung juga dapat menjadi susu. Olahan susu jagung tersebut diharapkan dapat menunjang fungsi jagung sebagai tanaman pangan nomor 2 di Indonesia setelah padi.


Pelatihan ini dipraktikan langsung oleh penanggung jawab kegiatan yaitu Maratus Sholihah setelah acara shalawatan dan arisan selesai. Sebelumnya, penanggung jawab juga memimpin berjalannya acara shalawatan. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah blender, saringan, pisau, kompor, panci, dan juga botol susu. Sedangkan bahan yang digunakan adalah jagung, gula pasir, air dan susu kental manis. Pelatihan tersebut disambut antusias oleh ibu-ibu KWT dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Bahkan, ada ibu-ibu yang menyatakan berniat membuatnya di rumah.

         Menjadi suatu trobosan produk baru, susu jagung memiliki kekurangan yang telah diantisipasi untuk mencegahnya. Kekurangan dari produk ini adalah tidak tahan lama jika tidak dimausukan kedalam lemari es, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, susu jagung dapat diawetkan selama beberapa hari didalam lemari es. Kandungan gizi yang terdapat dalam susu jagung adalah vitamin B, asam pantotenat, mineral, antioksidan, sumber kalori, minyak jagung dan lain-lain. Susu jagung juga memiliki manfaat terhadap kesehatan, anatara lain yaitu mencegah anemia, melindungi jantung, menurunkan kolesterol jahat, pencegahan kanker usus dan wasir, perlindungan terhadap hipertensi dan diabetes dan banyak lagi manfaat dari meminum olahan dari jagung tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KKN 94 UTM, “Mengaji Bareng” anak-anak di Ambunten Barat

Ambunten Barat, Data dan Realita